Headlines
Published On:
Posted by senkom diy

SENKOM RECUE BERSIHKAN SUNGAI

Siaga saat aman, Ada saat dibutuhkan”, adalah motto Senkom Rescue, untuk meningkatkan jiwa relawan yang tinggi dan melatih keahlian serta kompetensi, dalam menunjang tugas suci sebagai relawan kemanusiaan, Senkom Mitra Polri Kabupaten Sleman bersama Basarnas DIY menyelenggarakan kegiatan latihan Water Rescue pada Hari minggu 16 April 2017, di Pojok Gumuk Tempuran Sinduadi Mlati Sleman. Ini adalah kegiatan rutin team Senkom Rescue Sleman, untuk melatih, mengasah ketrampilan dan pengetahuan sekaligus praktek lapangan, yang tujuannya sewaktu-waktu dibutuhkan sudah siap baik keahlian personal maupun peralatan.
Intruktur dari Basarnas DIY memberikan materi tekhnik menolong korban laka air
Dalam latihan kali ini dari Basarnas DIY memberikan mandat kepada 3 instrukturnya untuk memberikan materi latihan cara pertolongan di air. Bina Proklamanta sebagai Instruktur pertama dengan memberikan langkah dan cara evakuasi dan menolong korban di air mulai dari mengambil memperlakukan dan memberikan pertolongan kepada korban. selanjutnya Dwi Afandi Saputro dan M. Adi Agung S. selaku pemateri berikutnya memberikan materi tata cara menolong korban di air mulai dari tahapan pengenalan alat, menggunakan alat sampai praktek memberikan pertolongan korban laka air.


Praktek Penggunaan Perahu Karet 
Latihan yang diikuti 24 personil itu dibagi menjadi 2 team dengan materi yang sama dengan peralatan yang disuport penuh oleh Basarnas DIY mulai dari pelampung dan perahu karet. Semua peserta kebagian tugas mempraktekan materi dengan cara bergantian untuk menggunakan perahu karet, mendayung , menaikkan korban ke perahu, cara naik perahu, dan sebagainya.
Kegiatan dimulai jam 08.00 dari kesiapan peserta untuk pembukaan juga melaksanakan fisik lapangan untuk stretching dan pemanasan agar dalam latihan tidak terjadi cidera. Kemudian siang harinya Team rescue Senkom mengadakan pembersihan sungai dari sampah sampah agar aliran dapat maksimal dan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di sungai sehingga sungai tetap bersih dan tidak kumuh .
Pesan Anggota Senkom Mitra Polri kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai
Ketua Team rescue Senkom Sleman Nur Sidik Susilo mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kerjasama yang baik antara Basarnas DIY dan Senkom Mitra Polri Kabupaten Sleman, dalam upaya meningkatkan kualitas Team rescue agar dalam melaksanakan tugas benar-benar menguasai SOP yang ada dan tetap dalam koridor yang benar. Tugas sebagai relawan ini tidak digaji namun karena kesemangatan anggota team yang baik dan solid menjadikan kami lebih terdorong lagi untuk maju dan tetap rutin melaksanakan latihan dengan perlatan dan akomdasi seadaya, tetap semagat dan terus berlatih , tambah Susilo.

S15BCM/Jogja 3/MM.

About the Author

Posted by senkom diy on 4/18/2017 05:47:00 PM. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By senkom diy on 4/18/2017 05:47:00 PM. Filed under , , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Selamat dan Sukses Munas III Senkom

Muskab III Senkom Mitra Polri Bantul

Offical_SenkomDIY