Headlines
Published On:
Posted by senkom diy

4 Keuntungan Adanya SIM Online.

JRI.Senkom.or.id - Kementerian Perhubungan baru saja menghilangkan loket tiket di bandara untuk mencegah praktik calo. Menyusul langkah tersebut, kepolisian pun menyediakan layanan pembuatan dan perpanjangan SIM lewat online. 

"Orang di Sumut masa mau perpanjang SIM mesti pulang ke Sumut, ongkosnya lebih besar dari buat SIM," jelas Wakapolri Komjen Badrodin Haiti, Kamis (26/3/2015) lalu.

Kabarnya masyarakat kota Yogyakarta adalah orang pertama yang merasakan kebijakan tersebut, karena baru Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta yang menerapkan program perpanjangan SIM melalui online. 

Jangan khawatir, Kepolisian Republik Indonesia bakal memperluas layanan ini hingga mencakup seluruh daerah di Indonesia pada 1 Juli 2015. Sementara itu, di sejumlah daerah sudah memberikan layanan pembuatan SIM melalui online, contohnya seperti di Surabaya.

Badrodin menjelaskan, tahun ini rencananya program pelayanan online itu akan segera diluncurkan. "Tahun ini perpanjang SIM bisa di mana saja," urai calon Kapolri ini.

Aplikasi SIM online dikembangkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia bekerja sama dengan kepolisian. BRI menyerahkan Aplikasi SIM Online kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Aplikasi yang dikembangkan bank pelat merah ini, merupakan aplikasi yang memudahkan masyarakat dalam pembuatan dan memperpanjang kartu SIM secara Real Time Online, dan teintegrasi secara penuh dengan sistem data kependudukan yang dimiliki oleh pemerintah.

Pembuatan aplikasi ini sendiri bekerja sama dengan jajaran Korlantas Polri sejak tahun 2014 silam.

Rencananya, Anda hanya perlu memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) yang ada di KTP saat akan membuat atau memperpanjang SIM. Setelah NIK masuk, identitas lengkap Anda yang terdata di Kementerian Dalam Negeri akan keluar. 

Berikut beberapa keuntungan diberlakukannya SIM Online :


Imbauan pembuatan SIM tanpa calo (Pasangmata)
1. Calo mulai hilang
Para calo yang biasa beroperasi di samsat akan kelimpungan mencari pekerjaan baru karena lahannya sudah digusur oleh polisi.
Akan tetapi, ada pula yang mendapat keuntungan dengan adanya peraturan baru tersebut, yaitu masyarakat umum yang sejatinya adalah konsumen utama dalam perpanjangan SIM online.
Pengurusan mandiri SIM di Polres Sukabumi
2. Tidak perlu keluar ongkos untuk pulang kampung
Dengan dikeluarkannya program ini, kita tidak perlu lagi pulang kampung untuk memperpanjang SIM. Misalnya kita bekerja di Bandung tetapi SIM dibuat di Bali, kitahanya butuh komputer atau laptop beserta koneksi internet atau pergi ke SIM keliling untuk memperpanjang SIM tersebut saat masa berlakunya habis.
Bahkan kepolisian berencana membuka SIM Corner di sejumlah pusat perbelanjaan.
Dengan demikian, masyarakat yang suka pergi ke mall bisa sekalian memperpanjang atau membuat SIM sembari berbelanja.

3. Terintegrasi
Dengan adanya layanan online, artinya jika SIM Anda dibuat di Medan, Anda bisa memperpanjang masa berlaku SIM tersebut walau sedang berada di Kalimantan.
Sistem online yang diluncurkan kepolisian bukan sembarangan, datanya akan terintegrasi dengan database lembaga terkait lain, seperti Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.
Wajib hukumnya bagi Anda untuk memiliki KTP yang terdata di Kementerian Dalam Negeri. Anda yang belum menerima e-KTP pun terdaftar, asalkan sudah pernah melakukan perekaman data di kecamatan setempat.

Kelak ke depannya, korps lalu lintas akan menghubungkan database dengan badan reserse kriminal. Sehingga, mereka yang pernah melakukan tindak kejahatan akan terdata agar menghindari dalam penyalahgunaan SIM. Untuk seseorang yang pernah melanggar peraturan lalu lintas dan mencoba membuat SIM baru akan bisa dicegah, sebab datanya terekam di korps lalu lintas.

4. Proses pembuatan yang mudah
Jadi, untuk membuat atau memperpanjang SIM melalui online, kita hanya perlu kartu tanda penduduk (KTP).
Tidak ada lagi persoalan yang membingungkan saat mengisi formulir yang kolomnya banyak. Kalaupun ada yang harus diisi hanya data keluarga yang bisa dihubungi jika terjadi kecelakaan.
Sumber >>>

About the Author

Posted by senkom diy on 2/22/2017 06:10:00 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By senkom diy on 2/22/2017 06:10:00 AM. Filed under . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Selamat dan Sukses Munas III Senkom

Muskab III Senkom Mitra Polri Bantul

Offical_SenkomDIY