Headlines
Published On:
Posted by senkom diy

Membangun Karakter Bangsa dengan Pencak Silat

Yogya (31/5) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan mengapresiasi terhadap pencak silat. Pencak silat sebagai bagian dari pendidikan merupakan komponen penting dalam pendidikan karakter.

Hal itu diungkapkan Anies saat memberikan sambutan dalam acara Jambore Pencak silat 2015 di Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Minggu (31/5/2015)."Pencak silat ini bagian kebudayaan Indonesia tapi tidak ada yang baru ketika kalau kita melihat pencak silat dari kebudayaan. Harus dilihat lebih jauh bahwa pencak silat itu bagian dari pendidikan. Pencak silat adalah komponen penting dalam pendidikan karakter," kata Anies baswedan. Pendidikan karakter ada dua yakni karakter kinerja dan karakter moral.
Karakter moral dan kinerja itu adalah dua karakter yang harus dibangun pada generasi muda saat ini.Pencak silat mengajarkan kerja keras, gigih, tangguh dan tidak mudah patah semangat serta menguasai keilmuan sacara mendalam. "Kegigihan adalah modal besar bagi pembangun karakter yang lain," katanya.Dalam silat lanjut Anies, efektifitas sebuah jurus menghasilkan kecepatan, ketepatan, baru kekuatan. Mereka yang mengutamakan kekuatan akan dapat dengan mudah dikalahkan. Menurutnya, dalam silat, seorang murid diajarkan cara memukul. Namun pada saat yang sama diajarkan jangan memukul. Hal itu artinya seorang murid tidak hanya diajarkam ilmu mengenai rasa. "Itu yang membedakan dengan pendidikan lainnya. Penacak silat mengajarkan kita agar menguasai ilmu dan disisi lain ada pelajaran yang lain yakni sebuah tanggungjawab. Prinsip-prinsip dalam silat harus diajarkan pada anak-anak," pungkas dia.
Jambore Pencak Silat ini diikuti berbagai perguruan pencak silat dari seluruh Indonesia bahkan dari mancanegara. Acara yang berlangsung dari 28-31 Mei 2015 ini diakhiri dengan pawai ribuan atelit pencak silat dari berbagai perguruan silat

About the Author

Posted by senkom diy on 6/02/2015 05:08:00 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By senkom diy on 6/02/2015 05:08:00 PM. Filed under . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Selamat dan Sukses Munas III Senkom

Muskab III Senkom Mitra Polri Bantul

Offical_SenkomDIY