Headlines
Published On:
Posted by senkom diy

Wakabaharkam: Senkom Sangat Membantu Kinerja Polri

Senkom (Sentra Komunikasi) Mitra Polri, organisasi kemasyarakatan bidang Komunikasi Kamtibmas, Penanggulangan Bencana dan Bela Negara, guna meningkatkan kapasitas kemampuan anggota, melakukan kegiatan workshop nasional di Gedung Astagina Bhayangkari Mabes Polri, 11 Maret 2015 dan dilanjutkan di Pusdiklat Senkom pada 12-13 Maret 2015.
Workshop nasional bertema Peningkatan Kapasitas Kinerja Senkom Mitra Polri, Menuju Organisasi yang Solid, Profesional dan Mandiri, ini dibuka Wakabaharkam Irjen Pol Drs. Ngadino, SH, MM dan dihadiri sejumlah pejabat berbagai instansi antara lain Kementerian Dalam Negeri, Kemhan, Kominfo, BNPB, TNI AD-AL-AU, BNN, BIN dan lain-lain, dengan peserta para ketua beserta sekretaris provinsi di seluruh Indonesia dan pengurus kabupaten/kota se-Jawa sejumlah 300 personil.
“Harapannya agar para ketua dan sekretaris ini dapat menyampaikan kembali materi yang didapat kepada para jajaran pengurus dan anggota di provinsi, kabupaten dan kota masing-masing,” kata H.M. Sirot, S.H, S.I.P, Ketua Umum Senkom Mitra Polri.
Materi yang diberikan dalam workshop ini antara lain dari Mabes Polri, Kementerian Pertahanan dan Keamanan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kominfo, BNPB dan BNN.
Dalam kesempatan memberikan sambutan, Wakabaharkam menyampaikan apresiasi atas peran Senkom Mitra Polri yang selama ini telah membantu kepolisian secara mandiri, bahkan tak hanya kepolisian, Senkom juga telah mendukung program-program pemerintah di berbagai bidang termasuk kebencanaan dengan menerjunkan relawan SENKOM RESCUE dalam setiap kejadian bencana. "Polisi tidak dapat bekerja sendiri, komunitas masyarakat seperti SENKOM sangat membantu kinerja Polri khususnya dan membantu pemerintah secara umum serta masyarakat," kata Wakabaharkam Irjen Pol Drs Ngadino, SH, MM.
Senkom Mitra Polri yang kini berusia 11 tahun, sejak berdiri pada 1 Januari 2004 silam telah menunjukkan perannya dalam pertisipasi membantu masyarakat dan pemerintah di berbagai medan. Dalam bidang kamtibmas, setiap hari dilakukan lapsit (laporan situasi) kamtibmas nasional melalui jaringan radio komunikasi analog dan berbagai tools komunikasi digital.
Dengan semboyan menembus jarak tanpa batas, Senkom Mitra Polri yang concern dalam bidang kamtibmas, menjadi mata dan telinga ditengah masyarakat akan adanya gejala dan kejadian-kejadian gangguan kamtibmas, sehingga dengan kecepatan informasi maka akan terjadi kecepatan tindakan oleh kepolisian sebagai aparat yag berwenang.
Disamping itu, Senkom juga memiliki tim penanggulangan bencana, yaitu Senkom Rescue, yang dalam setiap kejadian bencana selalu hadir sebagai relawan, sebagai wujud dari kepedulian Senkom dalam membantu sesama di bidang sosial serta pelaksanaan nota kesepahaman antara Senkom Mitra Polri dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
Dengan anggota yang tersebar di seluruh Indonesia dari perkotaan hingga hingga ke perbatasan, Senkom juga menjadi potensi strategis dalam bidang pertahanan dan keamanan nasional, hal ini dibuktikan oleh Senkom dalam berbagai kegiatan bersama TNI melaksanakan kegiatan-kegiatan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) hingga kegiatan lintas batas serta informasi terorisme antar negara.
Atas berbagai peran Senkom di berbagai bidang itu, organisasi yang telah memiliki kepengurusan hampir di seluruh kabupaten dan kota di seluruh Indonesia ini mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Seperti Penghargaan Mitra Polri, Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas, Duta Kamtibmas, Penghargaan BNPB dan lain-lain.
source : generasiindonesia.com

About the Author

Posted by senkom diy on 3/11/2015 08:31:00 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By senkom diy on 3/11/2015 08:31:00 PM. Filed under . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Selamat dan Sukses Munas III Senkom

Muskab III Senkom Mitra Polri Bantul

Offical_SenkomDIY