Headlines
Published On:
Posted by senkom diy

Kapolri: Jaga Komitmen Kesepakatan antara Polri dan Senkom Mitra Polri

Senkom yogya | Jakarta - Rapat kerja Nasional ke-1 Senkom Mitra Polri ditutup secara resmi oleh Kapolri Jenderal Sutarman dengan upacara di depan gedung Baharkam Mabes Polri Jakarta (12/6) sore, dikuti oleh peserta Rakernas. Bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Irjen Pol Drs. Ngadino, SH, MM Wakabaharkam mewakili Kapolri.

Saat pidato laporan hasil Rakernas, Muhammad Sirot, SH Ketua Umum Senkom menyampaikan bahwa Rapat Kerja Nasional Senkom Mitra Polri merupakan kegiatan yang diikuti oleh seluruh Pengurus Pusat Senkom Mitra Polri dan Pengurus Senkom Mitra Polri Tingkat provinsi.
Saat pidato laporan hasil Rakernas, Muhammad Sirot, SH Ketua Umum Senkom menyampaikan bahwa Rapat Kerja Nasional Senkom Mitra Polri merupakan kegiatan yang diikuti oleh seluruh Pengurus Pusat Senkom Mitra Polri dan Pengurus Senkom Mitra Polri Tingkat provinsi.

Rakernas ke-1 ini menghasilkan keputusan tentang standar operasional prosedur dan penjabaran program kerja Senkom Mitra Polri tahun 2014, yaitu:
SOP dan penjabaran Program Kerja Pengamanan dan Penanggulangan Bencana
SOP dan penjabaran Program Kerja Telematika
SOP dan penjabaran Program Kerja Humas
SOP dan penjabaran Program Kerja Kesekretariatan
SOP dan penjabaran Program Kerja Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi
SOP dan penjabaran Program Kerja Pengadaan, Penyediaan, Pendistribusian dan Inventarisasi Perlengkapan dan Peralatan
Selain itu, salah satu agenda Rakernas adalah membuat rekomendasi untuk pemerintah Republik Indonesia, agar rekomendasi ini dijadikan pertimbangan pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan, yaitu:
Senkom Mitra Polri mendorong pemerintah agar secepatnya merealisasikan jalannya UU No. 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.
Senkom Mitra Polri mendorong pemerintah untuk lebih meningkatkan peran serta masyarakat, dalam menciptakan Kamtibmas, Penanggulangan Kebencanaan dan Gangguan Stabilitas Nasional.
Senkom Mitra Polri mendorong pemerintah menambah anggaran kepada TNI dan Polri guna lebih mengoptimalkan tugas-tugas dalam menciptakan Kamtibmas dan mempertahankan keutuhan NKRI.
Senkom Mitra Polri bersifat netral dan siap mendukung suksesnya Pemilihan Presiden tahun 2014.
Irjen Pol Drs. Ngadino, SH, MM Wakabaharkam
Brigadir Jenderal Hengkie Kaluara DirBinmas Mabes Polri

Sambutan Kapolri yang ditandatangani oleh Kabaharkam atas nama Kapolri dan dibacakan Wakabaharkam, bahwa Senkom Mitra Polri telah berkomitmen menjadi mitra Polri, untuk itu diharapkan sebagai anggota dan pengurus Senkom Mitra Polri di wilayahnya masing-masing dapat menjadi perpanjangan tangan perubahan dalam pembinaan kamtibmas dan mensosialisasikan perpolisisan masyarakat kepada masyakarat di wilayah masing-masing sehingga tercipta partisipasi masyarakat dalam menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif.

Diharapkan semua anggota Senkom Mitra Polri dapat memberikan informasi kepada Babinkamtibmas atau kantor kepolisian terdekat dengan memperhatikan unsur apakah, siapakah, dimanakah atau di kepolsisan disebut 7 K (siadidemenbabi) sehingga terwujud rasa saling percaya sehingga saling menghargai antara Polri dengan anggota Senkom Mitra Polri.


Menjelang ramadhan dan hari raya dinamika gangguan kamtibmas semakin meningkat, peran Senkom Mitra Polri diharapkan partisipasinya dalam operasi Ketupat Polri (pengamanan hari raya Idul Fitri) dengan membantu kelancaran masyarakat saat pulang mudik dengan menjaga keamanan di lingkungannya saat di rumah atau rumah-rumah yang ditinggalkan masyarakat untuk mudik, dapat bergabung dengan anggota FKPM dan Pokdar Kamtibmas yang dikoordinir satuan wilayah Polri baik Polsek maupun Polres.

Setelah berakhirnya Rakernas ini anggota Senkom diharapkan dapat ikut merasa memiliki terhadap tugas Polri di tengah masyarakat.
Upacara penutupan Rakernas I Senkom Mitra Polri

Peserta Rakernas I Senkom Mtra Polri

Di akhir sambutannya Kapolri memberikan penekanan secara khusus kepada anggota Senkom Mitra Polri yaitu:
Semua anggota Senkom dan kadernya kiranya dapat memberikan kontribusi dalam memberikan keamanan dan ketertiban di masyarakat.
Semua anggota Senkom dan kadernya kiranya mau memberikan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan kepada anggota Babinkamtibmas atau kantor Polri terdekat apabila ada tindak kejahatan ataupun gangguan kamtibmas di wilayahnya.
Senkom Mitra Polri dapat menjalin kerjasama dengan mitra polri yang lain seperti kelompok sadar kamtibmas dan FKPM.
Sebagai mitra Polri semua anggota Senkom Mitra Polri dapat menjaga perilaku tindakan serta sebagai pengurus dapat mengambil keputusan dan kebijakan dengan tetap memperhatikan dan menjaga komitmen kesepakatan antara Polri dan Senkom Mitra Polri.
Dalam sambutannya Wakabaharkam menitipkan kepada anggota Senkom dimana saja supaya ikut membantu menginformasikan manakala ada penyelundupan manusia ke negara lain yang melalui wilayah Indonesia. (Yus)

Sumber: Senkom.or.id

About the Author

Posted by senkom diy on 6/15/2014 04:05:00 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By senkom diy on 6/15/2014 04:05:00 PM. Filed under . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Selamat dan Sukses Munas III Senkom

Muskab III Senkom Mitra Polri Bantul

Offical_SenkomDIY