Headlines
Published On:
Posted by senkom diy

Dhaup Ageng Kasultanan Yogyakarta



Yogyakarta- yogya.senkom.or.id  Ribuan warga Daerah Istimewa Yogyakarta tumpah ruah di sepanjang jalan antara Kraton dan Kepatihan menyaksikan kirab Dhaup Ageng, Rabu (23/10/2013). Antusias warga untuk menyaksikan iring-iringan kereta itu sudah terlihat sejak pagi, sekitar pukul 06.00 WIB. Rombongan kereta temanten diberangkatkan dari Keben sekitar pukul 08.30 WIB diikuti dengan empat kereta pengiringnya. Setelahnya, menyusul kereta rombongan Sultan Hamengku Buwono X dan permaisurinya GKR Hemas, beserta putri-putrinya. Dan, rombongan keluarga Paku Alam IX yang berangkat dari Pagelaran Kraton.


Duduk di atas Kereta Kanjeng Kyai Jogwiyat, dengan menggunakan busana paes ageng Jangan Menir bewarna hijau toska, pasangan manten Gusti Kanjeng Ratu Hayu dan Kanjeng Pangeran Haryo Notonegoro diarak dari Kraton menuju Bangsal Kepatihan, tempat diselenggarakannya resepsi pernikahan. Iring-iringan pengantin ini merupakan cara lama, peninggalan Hamengku Buwono VII untuk memboyong manten ke tempat resepsi di Bangsal Kepatihan. Hanya, dahulu pengantin perempuan ditandu, sementara pengantin laki-laki berada di atas kuda. Sri Sultan Hamengku Buwono X memodifikasi prosesi itu untuk mengenalkan keluarga Kraton ke masyarakat. Itulah sedikit gambaran meriahnya Dhaup Ageng yang diselenggarakan oleh Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.
Sebagai bentuk partisipasi dan rasa Mangayuh Bagya atas perhelatan akbar ini Senkom Mitra Polri Daerah Istimewa Yogyakarta mengirimkan 100 personil guna membantu pengamanan Dhaup Ageng tersebut. Pengamanan kirab Dhaup Ageng berjajar mulai dari Pagelaran Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat sampai Gedung Kepatihan dijalan Malioboro yogyakarta tempat diselenggarakan resepsi pernikahan.
Bersama TNI, POLRI dan Relawan lainnya Anggota Senkom Mitra Polri berjajar menghadap ke penonton membelakangi para Prajurit kraton dan peserta kirab sepanjang jalan yang dilalui kirab. Tampak Antusiasme dan bangga dari wajah anggota Senkom Mitra Polri yang dapat ikut berpartisipasi dalam pernikahan terakhir yang diselenggarakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

About the Author

Posted by senkom diy on 10/31/2013 05:51:00 PM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By senkom diy on 10/31/2013 05:51:00 PM. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

Selamat dan Sukses Munas III Senkom

Muskab III Senkom Mitra Polri Bantul

Offical_SenkomDIY